Rabu, 14 Desember 2011

5 Tips Bangun Pagi

Bangun pagi merupakan kewajiban, baik untuk para murid yang bersekolah pagi, untuk para pegawai kantor, dan juga untuk para ibu rumah tangga agar dapat menyiapkan sarapan bagi keluarganya.

Ada salah satu pepatah Cina yang mengatakan bahwa seseorang akan kehilangan rezekinya apabila mereka tidak bangun pagi.

Baru-baru ini saya mendapatkan pengalaman buruk tentang bangun pagi. Saya mendapatkan teguran dari team lead saya karena datang terlambat ketika menghadiri rapat di pagi hari. Hal tersebut tentu membuat kita menjadi terlihat kurang profesional.

Sejak saat itu saya mulai belajar untuk dapat bangun pagi secara teratur.
Berikut ini beberapa tips yang telah membantu saya agar dapat bangun di pagi hari:

1. Jangan tidur terlalu malam
Salah satu penyebab utama kita tidak dapat bangun di pagi hari adalah karena kita tidur terlalu malam atau bahkan terlalu pagi. Berdasarkan penelitian ko Ahong, manusia memerlukan tidur kurang lebih 8 jam per hari. Oleh karena itu, atur waktu Anda agar dapat memenuhi kebutuhan waktu tidur tersebut. Contohnya jika Anda ingin bangun jam 6 pagi, maka di hari sebelumnya Anda harus tidur sekitar jam 10 malam.

2. Berolahraga secara rutin
Berolahraga secara rutin akan membuat tubuh kita lebih cepat lelah di malam hari dan membuat kita lebih mudah tertidur. Oleh karena itu, kita dapat bangun lebih cepat di pagi harinya.

3. Tentukanlah jam berapa Anda ingin bangun
Sebelum Anda tidur, tentukanlah secara spesifik pada jam berapa Anda ingin bangun. Jika kita tidak menentukan waktu untuk bangun secara spesifik, akan mudah sekali bagi kita untuk tertidur kembali saat kita bangun dan menunda jam bangun kita.

4. Setel alarm
Menyetel alarm seringkali tidak terlalu membantu untuk kita dapat bangun di pagi hari. Karena saat alarm kita berbunyi di pagi hari, seringkali kita mematikan alarm tersebut dan tertidur lagi. Hal tersebut dapat diatasi dengan cara menyimpan alarm di tempat yang tidak dapat dijangkau dari tempat tidur kita. Usahakanlah agar alarm tersebut ditempatkan di dekat pintu agar kita dapat segera keluar setelah mendengar alarm tersebut.

5. Segera cuci muka setelah bangun dan jangan tidur kembali
Segera setelah kita bangun usahakanlah agar kita segera mencuci muka kita dan jangan tidur kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar