Rabu, 16 November 2011

3 Kekuatan Superhero yang Tersembunyi Dalam Tubuh Kita

1. Kekutan Super

Mungkin kita pernah mendengar cerita tentang Angela Cavallo yang mampu mengangkat mobil ketika melihat anaknya tertindih mobil. Angela yang melihat anaknya kejepit langsung teriak minta tolong, dan saat bala bantuan ga dateng2, dalam rasa frustasi dan bingung Angela lari ke si mobil dan tanpa basa basi ngangkat tu mobil dengan tangan kosong. terus ada Sinjin Eberle yang lagi panjat tebing di New Mexico waktu batu seberat 600 pon longsor dan menghantam tanganya tapi ketika tubuhnya dalam keadaan terdesak ia mampu mendorong batu tersebut dengan satu tanganya.

Kenapa kita tidak bisa melakukanya setiap saat?
Bukti menyatakan agan bisa aja nonjok nembus dinding kayak di Terminator kalau mau, cuma masalahnya otak kita membatasinya. Kenapa? Salah satu sebabnya adalah otot dan jaringan yang membentuk kita nggak diciptakan untuk menahan beban seberat itu. Efeknya sama kayak pengguna steroid yang lebih rentan terhadap cedera, jaringan tubuhnya ga kuat nahan beban dari otot mereka. Selain itu, dalam mode "angkat batu atau mati", kekuatan sebesar Terminator itu didapat dengan menghentikan kinerja tubuh dari sistem lain: pencernaan, kekebalan tubuh, pernapasan, dll. Jadi kekuatan Terminator sejatinya cuma tahan beberapa menit. 

2. "Melihat" dengan Telinga

Ini superpowernya si Daredevil, dia mengatasi kebutaan dengan menggunakan suara untuk menentukan kondisi sekeliling yang mampu menggantikan penglihatan Hal ini adalah nyata, Orang kayak Daniel Kish punya kemampuan ini. Ia orang buta, tapi olahraga favoritnya adalah bersepeda di gunung Dan walau kamu bisa membayangkan dia turun gunung tanpa kendali dan nembus kaca jendela sambil bawa peta Braille, si Kish rupanya cukup kompeten. Dengan bantuan suara dia bisa memperkirakan wujud lingkungan disekitarnya, dan saking hebatnya, dia bisa turun gunung sambil menghindari batu, beruang, dan pepohonan.

Kenapa kita tidak bisa melakukanya setiap saat?
Dengan logis yang sama kayak orang pake kalkulator kalo ga bisa matik, kita juga begitu: bergantung pada penglihatan yang lebih mudah ketimbang make jalur B yang lebih susah dan lebih keren.Tapi sebenernya bukannya ga mungkin: kita juga bisa melakukanya. Suatu tes menunjukkan bahwa orang2 yang matanya ditutup bisa memperkirakan jarak benda darinya berdasarkan suara langkah kaki mereka. Agan mau coba? Silahkan! Coba jalan dengan mata tertutup ke arah dinding sambil terus2an ngoceh ga karuan, sambil dengerin jelas2 perubahan suara kamu.

3. Ingatan Super

Agan inget ga waktu umur 8 tahun? Pas agan lagi buang air, dan ga ada hal seru? Ngga? Kenapa ngga? Kenyataanya, otak kita mampu mengingat semua hal yang terjadi dari dulu sampe sekarang
Ga percaya? Kenalin: Jill Price, yang punya penyakit hyperthymesia a.k.a. HDB, Hard Drive Brain, yang memberinya kemampuan mengingat hampir sempurna. Coba ajak dia jalan2, dan dia bisa inget agan bersin kapan, mataharinya terik apa tidak, ada awan apa tidak, bentuk2 awan, dll, pokoknya dari hal penting sampe ga penting.tapi tanpa penyakit ini bukan berarti kita gak bisa punya ingatan super. Suatu studi tentang kemampuan mengingat sebaris angka, menunjukkan bahwa dengan sedikit pelatihan, pasien mampu meningkatkan kemampuan ingatnya dari 7 digit (normal) jadi 80 digit (WTF?)
  
Kenapa kita tidak bisa melakukanya setiap saat?
Coba anggap otak kita sebagai komputer. Otak punya prosesor yang bener2 cepet dan hard drivenya unlimited. Tapi sistem pengaturan memorinya juga rumit. Hasilnya bukanlah kayak sistem database komputer, tapi lebih kayak hasil pencarian Google. Otak menyimpan memori dengan menciptakan hubungan antara satu dengan yang lain, berdasarkan kesamaan antara keduanya (misalnya emosi kamu dan kondisi kamu saat itu)Jadi ingatan itu bisa diakses dengan mengakses memori lain yang terhubung, ato dengan memasukkan informasi yang sama (yaitu diingetin). Kalau nggak ya memorinya lenyap. makanya, agan bisa aja lupa ada janji, tapi pas ditanya "Bukannya kamu janjian hari ini?". Tiba2 kita nepuk jidat sambil bilang "WADOH! gw lupa!" dan tiba2 semua informasi meleber keluar: mo ketemuan dimana, jam berapa, pake baju apa, dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar